advertisement
Di zaman sekarang ini, setiap satu orang biasanya memiliki lebih dari satu buah ponsel. Hal ini lazim terjadi karena banyaknya keperluan seseorang. Selain itu juga karena kebutuhan yang menuntut kita untuk memiliki lebih dari satu ponsel. Meskipun di satu sisi hal ini membawa banyak sekali keuntungan dan kemudahan, namun ternyata di sisi lain, memiliki ponsel lebih dari satu akan menjadikan dilema.

Pasalnya, jika anda memiliki dua ponsel dan secara otomatis memiliki dua nomor yang berbeda, bagaimana dengan pulsa anda di masing-masing nomor? Ada kalanya pulsa anda di ponsel yang tidak terlalu sering anda pakai memiliki lebih banyak saldo dan ponsel yang sering anda pakai akan kekurangan saldo. Jika sudah begitu, apa yang bisa anda lakukan?

Transfer pulsa adalah jawaban terbaik untuk masalah anda. Transfer pulsa tentu memiliki cara yang beragam untuk setiap provider, tentu cara transfer pulsa Indosat berbeda dengan cara transfer pulsa telkomsel. Sebagai salah satu provider terbesar di Indonesia, indosat juga memiliki cara tersendiri bagaimana melakukan transfer pulsa bagi para pelanggannya. Berikut ini penjelasan singkat yang dapat membantu anda memahami cara transfer pulsa bagi yang menggunakan provider indosat.

Penjelasan Mengenai Transfer Pulsa Indosat Ooredoo

Transfer Pulsa Indosat Ooredoo adalah salah satu layanan yang membuat pelanggan kartu Indosat Ooredoo prabayar (IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo) maupun pascabayar (Matrix Ooredoo Auto) dapat membagi saldo pulsa yang ia punya kepada siapa saja pelanggan kartu Indosat Ooredoo lainnya. Cara ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik orang yang mengirim pulsa tersebut maupun bagi pihak penerima pulsa.

Beberapa keuntungan yang dapat langsung dirasakan oleh penerima tentu saja bertambahnya pulsa yang dimilikinya dan bertambah lamanya masa aktif kartu Indosat Ooredoo yang dipakainya. Namun, yang perlu diketahui bagi sang pengirim pulsa adalah pelanggan Indosat yang ingin mentransfer pulsanya harus memastikan bahwa kartunya telah aktif minimal 181 hari dan memiliki pulsa minimal Rp5.000 setelah transfer.

Selain masalah lamanya masa aktif ada juga syarat lain yang harus dimengerti oleh para pelanggan indosat mengenai batas nominal transfer pulsa yang diperbolehkan. Pelanggan hanya dapat berbagi sampai dengan Rp200.000 per hari. Adanya batasan ini tentu berdampak baik bagi keamanan pengirim pulsa ketika melakukan transfer pulsa, dan dapat mengurangi resiko penipuan dengan nominal yang lebih besar.

Bagaimana Caranya Melakukan Transfer Pulsa Indosat IM3?

Ada dua cara yang disediakan Indosat Ooredoo untuk membantu pelanggannya mentransfer pulsa. Kedua cara ini sama-sama memudahkan dan memiliki kelebihan masing-masing. Jika anda ingin melakukan transfer pulsa, anda bisa mempertimbangkan salah satu cara yang menurut anda paling praktis tergantung situasi dan kondisi anda saat itu.

1. Transfer Pulsa Indosat via SMS

Langkah-langkahnya :

  1. Ketik SMS dengan format berikut ini : Transferpulsa (spasi) Ponsel (spasi) Nominal Pulsa.Contoh format sms yang dapat dilakukan jika ingin mentransfer pulsa: Transferpulsa 08571234567 50000 lalu kirim ke 151.
  2. Setelah mengirim SMS dengan format tersebut, anda akan mendapat pesan berupa SMS yang isinya harus diikuti kemudian konfirmasi dengan memasukkan nomor TOKEN yang diterima. Format yang harus ditulis adalah sebagai berikut : OK (spasi) TOKEN kirim ke 151. Contoh: OK 4321 kirim ke 151.
  3. Kemudian Anda akan menerima SMS notifikasi jika berhasil transfer pulsa yang dilakukan dan pemotongan pulsa sebesar Rp600 di luar nominal pulsa yang telah anda transfer ke pengguna lain.

2. Transfer Pulsa Indosat via UMB atau USSD Menu Browser


Langkah-langkahnya:

  1. Jika Anda pengguna kartu Indosat prabayar (IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo), anda bisa melakukan transfer pulsa dengan cara berikut : Tekan tombol *123*7*2*3*1# lalu ikuti petunjuk yang tersedia. Langkah-langkah selanjutnya akan dipandu melalui arahan yang muncul tahap demi tahap.
  2. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kartu Indosat Pascabayar (Matrix Ooredoo Auto), anda dapat melakukan transfer pulsa dengan cara seperti di bawah ini : Tekan tombol *123*7*1*6*1# lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Langkah-langkah selanjutnya akan dipandu melalui arahan yang muncul tahap demi tahap.
Pada prinsipnya, transfer pulsa bagi pengguna kartu prabayar dan pasca bayar sama saja, yang membedakan adalah nomor layanan yang pertama kali di gunakan.

Hal inilah yang kadang kurang dicermati para pelanggan Indosat yang ingin melakukan transfer pulsa ke pengguna lain. Maka itu anda harus perhatikan dengan seksama kartu anda dan nomor layanannya.

Satu hal lagi yang perlu diketahui adalah, sama seperti dengan cara transfer pulsa Indosat via SMS, transfer pulsa Indosat via UMB dikenai biaya Rp600. Tentunya biaya ini di luar jumlah nominal yang anda transferkan ke pengguna lain.

Syarat dan Ketentuan Melakukan Transfer Pulsa Indosat IM3 yang Perlu Diperhatikan

Indosat Menyediakan Layanan Transfer Pulsa bagi Pelanggannya.
Selain apa yang sudah dijelaskan di atas, ada juga syarat dan ketentuan transfer pulsa Indosat lain yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan transfer pulsa. Beberapa syarat dan ketentuan lain adalah seperti di bawah ini :

  1. Kartu pengirim dan penerima dalam masa aktif (tidak tersedia untuk Matrix Ooredoo Auto).
  2. Bertambahnya masa aktif penerima tidak akan mengurangi masa aktif pengirim pulsa.
  3. Ada tambahan masa tenggang yaitu selama 30 hari (tidak berlaku untuk Matrix Ooredoo Auto).
  4. Bertambahnya masa aktif penerima diatur berdasarkan ketentuan berikut.

  • Transfer: Rp0 s/d Rp2.000, masa aktif sampai dengan 0 hari.
  • Transfer: Rp2.000 s/d Rp5.000, masa aktif sampai dengan 0 hari.
  • Transfer: Rp5.000 s/d Rp10.000, masa aktif sampai dengan 3 hari.
  • Transfer: Rp10.000 s/d Rp20.000, masa aktif sampai dengan 7 hari.
  • Transfer: Rp20.000 s/d Rp25.000, masa aktif sampai dengan 15 hari.
  • Transfer: Rp25.000 s/d Rp50.000, masa aktif sampai dengan 15 hari.
  • Transfer: Rp50.000 s/d Rp100.000, masa aktif sampai dengan 22 hari.
  • Transfer: Rp100.000 s/d Rp150.000, masa aktif sampai dengan 30 hari.
  • Transfer: Rp150.000 s/d Rp200.000, masa aktif sampai dengan 45 hari.
Beberapa syarat dan ketentuan tersebut harus anda perhatikan sehingga anda tidak akan bingung dengan cara melakukan transfer pulsa dan juga perpanjangan masa aktif. Jangan sampai dengan melakukan transfer pulsa anda merasa aman karena telah memiliki banyak saldo sehingga untuk periode pengisian pulsa menjelang jatuh tempo masa aktif anda justru lupa.

Akibatnya tentu akan fatal jika kartu anda melebihi masa aktif dan akan berakhir hangus. Kartu tersebut tidak dapat lagi digunakan seperti sedia kala. Hal ini berbahaya apalagi jika nomor telfon anda sudah banyak disimpan oleh kerabat dan teman anda. Maka, perlu ketelitian dalam melakukan transfer pulsa dan mengenai masa aktif kartu anda.

Sebelum melakukan transfer pulsa Indosat, anda perlu benar-benar memperhatikan berbagai syarat dan ketentuan begitu pula langkah-langkah. Karena satu provider dengan provider lain sangat berbeda ketentuan dan caranya, maka anda harus pastikan bagaimana detail layanan transfer pulsa untuk provider indosat.
Buka Komentar