advertisement
Meskipun sekarang ini banyak orang yang lebih memilih untuk membeli kuota data dibandingkan dengan membeli pulsa, namun tak dapat dipungkiri bahwa pulsa telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Tak sedikit orang-orang yang pekerjaannya bergantung dengan ketersediaan pulsa di nomor ponselnya.

Apalagi, di zaman sekarang pulsa tak hanya digunakan untuk fasilitas telefon atau berkirim pesan dengan menggunakan short message service (SMS). Pulsa juga dapat digunakan untuk berlangganan paket data, atau keperluan lainnya dengan system daring (dalam jaringan). Maka itu, menjadi wajar jika tak sedikit populasi manusia yang bergantung dengan pulsa.

Untuk orang-orang yang terus menerus membutuhkan pulsa, tentu proses pengisian pulsa tak dapat dilewatkan begitu saja. Namun, akan sangat melelahkan jika melakukan pengisian pulsa di counter pulsa. Hal tersebut tentu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga sehingga membuat mobilitas dan pekerjaan jadi terhambat.

Hal itulah yang menjadikan transfer pulsa lebih di minati banyak kalangan. Layanan transfer pulsa memang sudah lazim dan banyak disediakan fiturnya oleh berbagai provider yang ada di Indonesia. Tak terkecuali provider XL yang juga menyediakan berbagai kemudahan bagi pelanggannya untuk dapat mentransfer pulsa yang dimiliki kepada pelanggan XL lainnya.

Bagi anda yang masih belum mengerti apa dan bagaimana transfer pulsa ini dapat dilakukan, maka anda perlu membaca artikel di bawah ini :

Transfer Pulsa XL

Selalu ada waktu di mana anda sulit menemukan apa yang benar-benar sedang anda butuhkan, termasuk pulsa telepon. Jika anda tidak bisa mengakses konter pulsa terdekat atau bahkan melakukan pengisian pulsa dengan cara yang lain, maka menggunakan layanan transfer pulsa dari sesama pengguna XL tentu akan menjadi pilihan yang paling tepat.

Transfer Pulsa XL adalah salah satu layanan yang membuat pelanggan kartu prabayar maupun pascabayar dapat memberikan saldo pulsa yang ia punya kepada siapa saja sesama pelanggan kartu XL lainnya. Cara ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik orang yang melakukan pengiriman pulsa maupun sang penerima pulsa lewat layanan transfer pulsa ini.

Anda tentu bisa saja meminta teman atau kerabat anda untuk melakukan transfer pulsa ke nomor XL yang anda gunakan, sehingga anda dapat segera dengan leluasa menikmati kembali layanan provider yang berada pada jaringan GSM ini. Transfer pulsa XL ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu repot-repot atau bahkan menunggu proses yang lama seperti jika anda membeli di counter pulsa biasa. Sekaligus bisa menambah masa aktif kartu XL Anda.

Untuk memudahkan pelanggannya, XL memberikan beberapa cara sehingga bisa ada cara alternative pada layanan transfer pulsa ini. Perhatikan dengan seksama beberapa cara transfer pulsa XL yang dapat di lakukan di saat kondisi darurat berikut ini:

1. Transfer Pulsa Melalui Panggilan

Cara yang pertama ini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel. Beberapa langkahnya dirangkum seperti di bawah ini :
  1. Pilih menu panggilan pada ponsel anda.
  2. Ketik *123# kemudian lanjutkan dengan menekan “call / ok” pada layar.
  3. Pilih menu mPulsa yang muncul.
  4. Lanjutkan dengan memilih “bagi pulsa”.
  5. Selanjutnya ketik nomor tujuan yang anda inginkan (nomor yang akan dikirimkan pulsa).
  6. Setelah itu anda harus mengetik nominal pulsa yang akan dikirimkan. Periksa kembali jumlah pulsa yang hendak anda transfer agar tidak terjadi kekeliuran terutama dalam menghitung jumlah angka 0.
  7. Lalu, akhiri dengan menekan “kirim” yang ada. Maka, pulsa yang anda transfer akan segera sampai ke nomor penerima.

2. Transfer Pulsa Melalui SMS


Layanan SMS (Short Message Service) juga bisa digunakan dalam proses transfer pulsa ini, caranya pun cukup sederhana yakni cukup dengan mencermati beberapa langkah mudah seperti berikut ini:
  1. Masuk ke menu SMS pada ponsel anda.
  2. Selanjutnya anda hanya perlu mengetik SMS dengan format berikut: bagi (spasi) nomor tujuan (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer ke nomor tujuan anda.
  3. Kirim ke 168 dan pulsa anda akan segera sampai ke penerima.

3. Transfer Pulsa Menggunakan Fitur XL


Selain kedua cara di atas, XL ternyata juga menyediakan fitur khusus untuk proses transfer pulsa ini. Cukup dengan melakukan beberapa langkah mudah seperti di bawah ini :

  1. Pertama anda harus memilih menu “bagi pulsa” yang telah tersedia pada fitur kartu XL anda.
  2. Ketikkan nomor tujuan yang akan menerima pulsa dari anda.
  3. Lalu anda hanya perlu mengetik nominal pulsa yang akan ditransfer. Ingat, anda perlu jeli dan teliti dalam mengetik nominal pulsa yang akan di transfer, karena jika salah maka pulsa anda bisa ludes karena kesalahan kecil tersebut.
  4. Akhiri dengan menekan “ok”, kemudian pulsa anda akan secara otomatis terpotong dan dikirim ke nomor kartu penerima.
Cara yang terakhir ini memang terbilang lebih praktis dan mudah jika dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, sebab anda hanya perlu mengakses layanan yang telah tersedia di kartu XL itu sendiri. Kepraktisan inilah yang sekarang banyak dicari oleh orang-orang.

Syarat dan Ketentuan

Untuk bisa menikmati layanan yang satu ini, anda wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diterapkan oleh XL. Hal ini tentu perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahan selama proses transfer pulsa yang anda lakukan. Maka itu, pastikan anda memahami setiap poin syarat dan ketentuan yang diberikan oleh provider XL seperti berikut ini:

  • Saldo minimal pulsa yang tersisa (setelah anda melakukan transfer) adalah sebesar Rp5.000,-. Artinya, anda harus memiliki sejumlah saldo mengendap tersebut di nomor anda setelah dipotong jumlah nominal pulsa yang anda transfer ke pengguna lain.
  • Setiap transaksi transfer pulsa akan dikenakan biaya sebesar Rp500,- yang diambil dari jumlah pulsa yang ditransfer. Jika anda mentransfer pulsa sebesar Rp. 10.000,- maka anda akan kehilangan pulsa sejumlah Rp. 10.500,- karena ditambah dengan biaya transfer pulsa. Jadi anda tak perlu bingung dan heran jika saldo sisa yang anda miliki terpotong Rp. 500,-
  • Transfer pulsa hanya bisa dilakukan maksimal 5 kali dalam satu hari. Anda tentu perlu memperhitungkan hal ini. Karena jika dalam satu hari anda diharuskan melakukan transfer pulsa XL sebanyak lebih dari 5 kali, maka anda tidak bisa melakukannya dengan nomor kartu yang sama.

Nikmati Kemudahan dan Kenyamanan Lebih


Layanan transfer pulsa ini tentu akan menjadi salah satu fitur praktis yang bisa anda nikmati kapan saja, terutama di pada saat kondisi darurat dan tidak memungkinkan anda mengisi pulsa dulu ke counter pulsa terdekat. Sebagai pengguna XL, anda bisa menikmati layanan dan kenyamanan ini untuk berbagai kebutuhan, namun pastinya anda harus memenuhi semua syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh XL.

Yang perlu diperhatikan adalah setiap provider tentu memiliki cara serta syarat dan ketentuan yang berbeda. Maka perlu anda cermati untuk provider XL bagaimana langkah-langkah transfer pulsanya. Lalu bagaimana dengan provider lainnya? Misalnya saja cara transfer pulsa 3? tentu caranya tidak berbeda jauh!
Buka Komentar