advertisement
Di zaman yang serba cepat ini, kepraktisan adalah salah satu hal yang sangat diminati guna memperlancar kegiatan atau mobilitas sehari-hari. Tak jarang orang-orang lebih memilih melakukan hal-hal yang hanya sedikit memakan waktu daripada harus bersusah payah menghabiskan waktu yang mereka miliki. Hal ini berlaku juga untuk masalah komunikasi.

Satu hal yang tak bisa dilepaskan dari dunia komunikasi adalah pulsa yang terdapat dalam kartu sim Anda. Jika berbicara mengenai pulsa, tentu tak dapat dipisahkan dengan kegiatan mengisi pulsa di counter provider Anda. Namun, hal tersebut tentu sudah jarang dilakukan mengingat terdapat cara baru dalam pengisian pulsa yaitu melalui transfer pulsa.

Transfer pulsa memang bukan hal yang baru lagi, sudah banyak yang melakukan transfer pulsa apalagi jika ini dilakukan untuk orang-orang terdekat. Transfer pulsa antar sesama provider memang sudah menjadi kebiasaan. Bagi Anda yang menggunakan layanan Telkomsel Simpati, Anda bisa menikmati layanan transfer pulsa yang disediakan oleh salah satu provider terbesar di Indonesia ini.

Pada dasarnya, cara transfer pulsa sesama telkomsel tidak berbeda jauh dengan cara transfer pulsa XL. Untuk mengetahui bagaimana cara transfer pulsa telkomsel itu bekerja serta apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku, simaklah artikel di bawah ini.

Langkah-langkah melakukan transfer pulsa telkomsel

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika Anda ingin melakukan transfer pulsa. Anda dapat memilih cara mana yang akan Anda gunakan untuk mentransfer pulsa Anda ke sesama pengguna provider Telkomsel.

1. Layanan Panggilan di *858*

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk melakukan transfer pulsa ke sesama pelanggan provider Telkomsel Simpati adalah dengan melakukan panggilan ke nomor tersebut, yakni:

  • Masuk ke menu panggilan di ponsel Anda.
  • Ketik *858* (ketik nomor tujuan yang akan ditransfer pulsa) * (nominal pulsa yang akan ditransfer) #.
  • Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan menekan Panggil/Call/OK pada ponsel Anda.
  • Langkah terakhir, Anda harus konfirmasi panggilan tersebut sebagai tanda setuju.
Contoh: *858*081222333444*50#
Dalam perintah di atas, Anda akan mentransfer pulsa sebesar Rp50.000 ke nomor 081222333444.

2. Layanan Menu USSD *858#


Selain dengan panggilan ke nomor yang telah disediakan, Anda juga bisa mencoba langkah kedua ini jika Anda lebih senang mentransfer pulsa lewat menu USSD.

Layanan ini dapat Anda lakukan dengan lebih sederhana, yakni Anda cukup memilih menu USSD (Unstructured Supplementary Service Data) yang telah ada. Kemudian Anda hanya harus melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke menu panggilan yang ada pada ponsel Anda.
  • Ketik *858# pada layar ponsel, lalu lanjutkan dengan cara tekan menu Call/Panggil/OK.
  • Tunggu hingga menu pilihan muncul di ponsel Anda.
  • Ketik angka 1 untuk pilihan Transfer Pulsa.
  • Ketik nomor tujuan transfer pulsa.
  • Lalu lanjutkan dengan mengetik nominal pulsa yang akan ditransfer.
  • Kemudian Anda dapat mengakhiri dengan mengkonfirmasi notifikasi persetujuan yang muncul pada layar ponsel Anda dengan cara mengetik angka 1 sekali lagi.
  • Setelah proses tersebut, Anda akan menerima SMS pemberitahuan apakah proses transfer pulsa berhasil atau tidak.
  • Jika tidak berhasil dilakukan transfer pulsa, Anda dapat mencoba mengulangi lagi langkah-langkah tersebut dari awal. Pastikan nomor tujuan Anda benar, dan pulsa Anda mencukupi untuk dilakukan transfer pulsa.

3. Layanan SMS


Jika Anda tidak familiar dengan kedua cara di atas, tak perlu resah dan khawatir karena cara ketiga ini mungkin akan lebih sederhana dibanding kedua cara sebelumnya. Apalagi bagi Anda yang lebih terbiasa menggunakan layanan SMS, ternyata bisa juga menggunakan layanan ini guna mentransfer pulsa. Di bawah ini beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk melakukan transfer pulsa Telkomsel Simpati melalui layanan SMS (Short Message Service) :

  • Buka menu SMS di ponsel Anda.
  • Ketik TPULSA (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer.
  • Kirimkan SMS ini ke nomor Telkomsel Simpati yang akan Anda transfer pulsanya.
Contoh: TPULSA 50 (lalu kirim ke nomor 081222333444) Pada contoh di atas, Anda akan mentransfer pulsa sebesar Rp50.000 ke nomor 081222333444.

Perhatikan Ketentuan Transfer Telkomsel

Selain cara dan langkah-langkah dalam melakukan transfer pulsa, Anda juga perlu memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku agar Anda tidak salah mentransfer nominal pulsa kepada pengguna lainnya.

Mengetahui berbagai syarat dan ketentuan juga dimaksudkan agar Anda tidak mengalami masalah apabila sewaktu-waktu akan menggunakan layanan transfer pulsa tersebut. Berikut ini adalah beberapa ketentuan yang ditetapkan Telkomsel dalam layanan transfer pulsanya :

  1. Layanan ini hanya berlaku untuk pengguna provider Telkomsel saja, antara lain Simpati, Kartu AS, dan juga Loop. Karena layanan ini hanya tersedia untuk sesama pengguna provider telkomsel, maka jangan sekali-kali Anda mencoba mentransfer ke provider lainnya. Karena bisa jadi pulsa Anda akan hangus.
  2. Nominal pulsa yang ditransfer minimal sebesar Rp5.000 dan berlaku dengan kelipatan ribuan saja. Perintah yang dituliskan dalam mentransfer pulsa menghilangkan tiga digit angka 0 (ribuan) di belakang. Misal, nominal transfer Rp50.000, cukup ketik 50 saja.
  3. Ketika melakukan transfer pulsa, baik nomor penerima ataupun yang mentransfer harus dalam kondisi aktif (tidak berada dalam masa tenggang). Hal ini perlu Anda ketahui dulu sebelumnya, karena jika salah satu nomor sudah tidak dalam masa aktif makan pengisian pulsa lewat layanan transfer pulsa tidak dapat dilakukan.
  4. Jumlah transaksi transfer pulsa hanya bisa dilakukan maksimal 100 kali dalam sehari, dengan jumlah total akumulasi pulsa yang di transfer yaitu sebesar Rp1.000.000 
  5. Kegiatan transfer pulsa ini tidak akan memengaruhi masa aktif dan juga masa isi ulang kartu, baik bagi penerima ataupun yang melakukan transfer itu sendiri. Hal inilah yang cukup berbeda dengan syarat dan ketentuan dari provider lain yang rata-rata proses transfer pulsa dapat memberikan tambahan masa aktif.
  6. Setiap kali melakukan transfer pulsa, pengguna kartu Telkomsel akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp1.500. biaya ini akan dipotong dari saldo pulsa yang Anda miliki dan di luar nominal pulsa yang Anda transfer.
  7. Untuk bisa melakukan transfer pulsa, harus terdapat minimal sisa pulsa sebesar Rp5.000 setelah transfer dilakukan, jumlah ini merupakan jumlah saldo pulsa tetap yang ada di nomor Anda. Jika setelah melakukan transfer pulsa dengan nominal tertentu sisa pulsa Anda tidak sampai dengan Rp. 5000,- maka proses transfer pulsa tidak akan bisa dilakukan.

Pahami dan Ikuti Cara yang Benar Agar Transfer Pulsa Tidak terhambat secara teknis


Layanan transfer pulsa yang disediakan oleh salah satu provider terbesar di Indonesia ini, tentu sangat mempermudah Anda dalam melakukan transfer pulsa kapan saja dan di mana saja, bahkan di waktu genting dan darurat sekalipun. Bukan hanya melakukan transfer saja, tapi layanan ini juga memungkinkan Anda untuk mentransfer pulsa dari pengguna Telkomsel Simpati lainnya.

Jadi, pastikan untuk mencermati setiap langkah serta syarat dan ketentuan yang diberlakukan agar proses transfer pulsa Anda menjadi lancer tanpa adanya hambatan teknis.
Buka Komentar